Model Tutorial
16 pages
Tagalog

Model Tutorial

-

Le téléchargement nécessite un accès à la bibliothèque YouScribe
Tout savoir sur nos offres
16 pages
Tagalog
Le téléchargement nécessite un accès à la bibliothèque YouScribe
Tout savoir sur nos offres

Description

Model Tutorial 1. Konsep Tutorial Model ini digunakan untuk menyajikan materi secara untuh kepada siswa melalui konsep mastery learning atau belajar tuntas. Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut : a. informasi baru b. bersifat konsep, c. luas dan mendalam d. memerlukan kontrol dan mastery learning e. berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnnya. f. memungkinkan dipelajari secara berulang g. memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang (branching). h. membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau Martery Learning secara keseluruhan i. menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif 2. Ciri Model Tutorial Terdapat beberapa hal yang menjadi ciri model tutorial, dimana materi pelajaran dikemas dalam bentuk prosedur sebagai berikut : 1) Pendahuluan Pendahuluan berisi Identitas Mata Kuliah,Identitas Programer, Judul, Pokok Materi Perkuliahan, Petunjuk atau Langkah Pembelajaran yang harus ditempuh. 2) Pokok Materi Materi yang dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian uraian materi (content) dan bagian evaluation. Perbandingan antara luas materi dan banyaknya evaluasi untuk setiap frame harus diselaraskan, dengan demikian tidak ada ketentuan baku bahwa setiap uraian materi harus berapa jumlah soalnya. Bentuk soal yang biasa dikonstruksi adalah multiple choice atau pilihan ...

Sujets

Informations

Publié par
Nombre de lectures 147
Langue Tagalog

Exrait

Mode l  Tut o rial
1. Konsep Tutorial Model ini digunakan untuk menyajikan materi secara untuh kepada siswa melalui konsep m  astery learning atau belajar tuntas. Ketentuan umum bahwa model ini bisa dikembangkan untuk materi yang memiliki karakteristik sebagai berikut : a.  informasi baru b.  bersifat konsep, c.  luas dan mendalam d.  memerlukan kontrol dan mastery learning e.  berhubungan antara bagian pokok materi yang satu dengan yang lainnnya. f.  memungkinkan dipelajari secara berulang g.  memiliki pola berpikir dan arah pembelajaran bercabang (branching) . h.  membutuhkan kontrol waktu dalam setiap segmen materi atau Martery Learnin   g secara keseluruhan i.  menekankan pada pengoptimalan pencapaian aspek kognitif  2. Ciri Model Tutorial Terdapat beberapa hal yang menjadi ciri model tutorial, dimana materi pelajaran dikemas dalam bentuk prosedur sebagai berikut : 1)  Pendahulu  an
Pendahuluan berisi Identitas Mata Kuliah,Identitas Programer,  Judul, Pokok Materi Perkuliahan, Petunjuk atau Langkah Pembelajaran yang harus ditempuh. 2)  Pokok Mat  eri Materi yang dikemas dalam bentuk skrip tutorial ini dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu bagian uraian m ( a c t o er n i t  ent)   dan bagian evaluation. Perbandingan antara luas materi dan banyaknya evaluasi untuk setiap frame harus diselaraskan, dengan demikian tidak ada ketentuan baku bahwa setiap uraian materi harus berapa jumlah soalnya. Bentuk soal yang biasa dikonstruksi adalah multiple choice atau pilihan ganda dengan option (a); (b); (c); dan (d). Hal ini dilakukan guna memudahkan desain link atau keterhubungan antar deteksi jawaban benar dan salah den s g ta a t n e  ment  yang diperlukan, misalnya jika jawaban adalah (a), maka benar atau salahnya jawaban (a) yang pilih ini akan memungkinkan statement apa yang bisa dimunculkan, misalnya muncul statement sebagai respon “betul:, maka proses jawaban akan terus berlanjut. Sebaliknya jika jawaban (a) itu adalah “kurang tepat”, maka belajar harus diulang atau peserta didik harus mengulang kembali materi yang ditanyakan tersebut. 3)  Jenis balikan atau res  pon Sebagaimana dijelaskan pada bagian 2), bahwa dal;am tutorial diperlukan adanya desain balikan atau respon terhadap jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik dalam menjawab pertanyaan yang diberika  n. 4)  Deteksi jawaban salah dan  betul Untuk memberikan gambaran hasil akhir dari sejumlah pertanyaan yang disajikan dan dijawab siswa, maka skor-skor akan
diperlihatkan diakhir program, sehingga berapa kali ia menjawab salah dan mengulang materi (membaca materi kembali), dan berapa kali ia menjawab dengan be  nar. 5)  Soal forma  ti a f tau UTS, bisa disajikan secara tersendiri di luar prosedur Tutorial. Di mana soal evaluasi ini tersendiri dibuat atau memiliki i  con yang dirancang khusus dalam menu utama dari model tutorial tersebut.  6)  Melihat ha  sil Melihat hasil merupakan salah satu kontrol terha m d a ap st  ery learning  peserta didik dalam menyelesaikan semua materi pembelajaran beserta soal-soal yang disajikan dalam model tutorial. Di mana pada bagian ini bisa didesain dalam bentuk skor angka atau grafik benar dan salah.  3. Komponen Model Tutorial  (1) Pengenalan a. Judul Program (  Title Page  ) Suatu program tutorial diawali dengan tampilnya halaman judul atau bentuk – bentuk lain yang dapat menarik perhatian siswa. Judul program merupakan bagian penting untuk memberikan informasi kepada siswa tentang apa yang akan dipelajari dan disajikan dalam program tutorial ini Berikut ini adalah contoh desain tampilan judul sebuahogP r am CAI Tutorial ( Perhatikan bagian-bagiannya )
contoh tampilan judul program Tutorial
 b. Identitas Program
Prompt atau acuan dgi unakan untuk memandu siswa dan memberikan petunj.u kTentang apay ang harus dilakukan siswa.  contoh :
 
contoh pengj a ran prompt
 c. Objektifitas Penyaj ( i  a Pr n esentation of Obtjife k)  
 
Pada bagina ini disajikan tujuan umum dna tujuan khusus dari drai 
materi program yang anda Rancang
Contoh :
Contoh tampilan objektivitas penyajian
 d. Petunju ( k Direction )
 
Petunjuk yang berisi informa sicara menggunank aprogra m yang anda buat diusahakan agar siswa mampu mengoperasikan proagmr tersebut. 
Contoh :
Contoh tampilan petunjuk program
 e. Stimulsi Prioritas Pengeta ( h S u ti a m n ulating Prior
          Knowledge)   Prioritas pengetahun abergun asebagai paperseps.i Dalam program tutorial yang anda kembangkan bentuk dari stimulasi prioritas pengetauhan dapat berupa synpsois dari materi yang terdapat dalam proagrm.  Contoh:
 
 
contoh tampilan stimulasi prioritas pengehtauan 
 f. Inisial Kontr ( o  l I  nitial Student kontrol ) Tampilan  nIisial kontrol berisi piilhan bagi siswa untuk menggun a kn programcontohnya:
contoh tampilan inisial kontrol
 
 
(2)  Penyajian inform  asi a. Mode penyajian atau mode presentasi Penyajian materi atau disebut dengan presie, ntmaserupakan bentuk penyajian informasi pembelajaran anda buat. Mode u m  dari penyajian inforamsi biasanya mempergunakano rinmfasi visual selain teks seperti Gambar, Grafik, Foto dan Image yang dianimasiakn. Contoh:
contoh mode presentasi
b. Panjang Teks Paejniayn  Informasi pembelajaran yang ingin dips a ikman daalm progra m tutorial yang anda buat harus nabre – benar berisi materi pokok dalam bentuk kata-kata esen.s iDalemikian juga dalam menyk a jin informasi dalam bentuk grka, fianimais  dan warna har us
 
disesuaikna dengan kemampuan mt o rn iuntuk menyajikann.y a (dukungan VGA moniotor Komputer) Contoh :
contoh panjang teks dan ta tlaetak teks pneyajian 
c. Grafik dan aniim as    Pembuatan grafik dan anim adsailam program yang anda btu a ditujukan untuk menambah mpaehamani s wa terhadap matedrian focus informasi pad amateri yang disjiakan. Penggunaan objek gambar, garfik, animasi digun a kn sebaga ipenguat niformasi,yang disajikan. Grafik dan animasi nsg a t efektif untuk menambha  system belajar denng akomputer yang mampu menljaeskan sesuatu yang dibatasi ruang gerak daank twu. Contoh :
 
Contoh grfaik dan animasi 
d. Warna dan Penggun a any
 
 Sepertihalnyadalammodel drill bahwa pen g unaanwarna sangat behrubungan dengn apresentasi grafik, objek,  dimana  warna harus dapat memberikan kesan penguatnya. Peanng guna warna yang sesuai akan berguna untuk menarik perhatian dan memfokuskan perthi a n dan pemahamani s wa terhadap informasi materi pembelajaran yang adj i skan. Warna harus berfun gsi sebagai aucan, bukan sebaga ibagian yang diutamakan daalm proses pebmelajaran. 
Contoh :
  • Accueil Accueil
  • Univers Univers
  • Ebooks Ebooks
  • Livres audio Livres audio
  • Presse Presse
  • BD BD
  • Documents Documents